Merawat Ayam bangkok saat Hujan

Diposting pada

Merawat Ayam bangkok saat HujanMerawat Ayam bangkok saat Hujan

Merawat Ayam bangkok saat Hujan sangatlah penting agar ayam tidak mudah terjangkit penyakit. Dan berikut ini adalah tips untuk perawatannya.

Masa hujan jadi tantangan sendiri untuk kamu owner Sabung Ayam Bangkok sebab tingkatan kelembaban yang lebih besar sehingga metode merawatnya juga sedikit berbeda sehingga ternak ayam kamu di masa hujan senantiasa fresh.

1. Jangan hingga santapan ayam jadi lembab

Kamu pula dapat meracik sendiri pakan ternak buat ayam Bangkok kesayangan kamu. Dengan demikian, kamu lebih mencermati nutrisi yang disantap demi kesehatan sang ayam. Berikut metode memodifikasi pakan Sabung Ayam .

Dikala pakan ayam di dalam gudang/ ruang tertutup yang lain.

Dikala pakan masih terletak di dalam ruangan tertutup, pastinya tingkatan kelembabannya rata- rata 60% lebih besar sehingga lebih berbahaya berkembangnya jamur. Buat menghindari tumbuhnya jamur, yakinkan kandungan air pakan tersebut tidak boleh lebih dari 14%, tidak terserang cipratan air ataupun kontak dengan hawa sebab kedua perihal itu bisa tingkatkan kandungan kelembaban dalam pakan. Tidak hanya itu, yakinkan karung ataupun tempat pakan tidak terdapat kebocoran sedikitpun. Dengan demikian, tidak hanya bebas dari hawa serta air, pakan juga bebas dari hama lain semacam kutu, tikus serta serangga.

Merawat Ayam bangkok saat Hujan Dikala pakan ayam diberikan.

Mutu pakan yang cepat menyusut dikala terserang kontak dengan hawa membuat kamu wajib ekstra hati- hati dalam membagikan pakan. Buat ayam Bangkok berusia, sangat dianjurkan buat di beri pakan 2 kali satu hari, dikala pagi serta sore. Tahu petunjuk pemberian pakan cocok standar.

Tidak hanya itu, panduan yang lain merupakan dengan membolak- balik pakan Sabung Ayam kamu, sehingga tidak membagikan jamur berkembang serta melekat di pakan ternak kamu.

2. Modifikasi kandang ayam supaya tidak gampang lembab

Terdapat sebagian perihal yang dicoba buat memodifikasi kandang ayam, ialah:

  • Penindakan feses – Semakin besar curah hujan, terus menjadi besar pula frekuensi pembersihan kandang ayam dari feses sebab feses yang tidak kunjung kering pasti lebih gampang menyebarkan penyakit serta pula penumpukan amonia yang mengusik pekerja kamu.
  • Penindakan litter – Usahakan litter senantiasa kering serta jangan hingga banyak menggumpal. Lekas angkat litter yang menggumpal dikala kandang kosong. Dengan lebih berjaga- jaga dalam penggantian air minum, hingga hendak lebih kurangi litter menggumpal.
  • Bentuk kandang – Perhatikan serta cek pula keadaan kandang paling utama dikala masa hujan. Perhatikan keadaan atap serta bilik dan lantai kandang Sabung Ayam Bangkok kamu.

3. Perhatikan kebersihan kadangkala ayam

Kebersihan kandang mempengaruhi besar dengan kebersihan ayam, paling utama dikala masa hujan yang rentan terserang kuman serta parasit yang berasal dari air hujan ataupun kotoran Sabung Ayam yang tidak pula mongering serta dibersihkan.

4. Jaga kebersihan ayam

Melindungi kebersihan ayam dengan metode memandikan sangat diharuskan demi kesehatannya, paling utama di masa hujan. Mandikan ayam kamu dengan memakai spons, metode ini pula ialah salah satu metode dalam cara menjinakkan ayam galak.

5. Perhatikan mutu air minum ayam

Air ialah media yang sangat gampang serta kilat buat perpindahan bakteri, kuman, parasit serta sebagainya paling utama di masa dingin. Kamu bisa membuat instalasi pembuatan air minum terpadu buat Sabung Ayam kamu. Ataupun memakai metode lain asalkan penuhi standard serta ketentuan air bermutu buat ternak ialah leluasa dari parasit serta kuman semacam E. coli, jernih, tidak mempunyai rasa serta bau.

6. Meracik santapan ayam yang berkualitas

Pemberian anti jamur pula berperan bagaikan keseimbangan PH dalam lambung Sabung Ayam sehingga kalaupun terdapat jamur yang masuk kedalam badannya, jamur tersebut tidak bisa tumbuh.

7. Merawat Ayam bangkok saat Hujan Beri penghangat di kandang

Sebab masa hujan, telah tentu kandang ayam jadi lebih lembab dari umumnya. Sebab cahaya matahari tidak didapatkan sesering masa kemarau, hingga metode mensiasatinya merupakan dengan membagikan penghangat dikandangnya. Perihal ini butuh dicoba buat memantapkan temperatur dalam kandang pula menghangatkan badan Sabung Ayam .

8. Merawat Ayam bangkok saat Hujan Beri vit serta antibiotik

Metode lain yang tidak kalah berarti merupakan memodifikasi energi tahan ayam dengan metode membagikan vit, contohnya Fortevit serta Vita Stress serta pula antibiotik bagaikan salah satu timdak penangkalan terhadap bermacam kuman serta virus. Sehingga tidak hanya melindungi kebersihan kandang serta ayamnya, energi tahan badan juga terus menjadi bertambah dikala masa hujan.

9. Perhatikan kestabilan temperatur badan ayam dengan menjemur di dasar matahari

Masa hujan membuat kelembaban kandang serta temperatur ayam jadi rendah. Buat itu sangat dianjurkan buat kerap menjemur ayam kamu kapanpun cahaya matahari tidak tertutup awan, serta pula memandikan ayam di pagi ataupun siang hari sehingga kamu dapat langsung menjemur ayam begitu berakhir memandikan.

1o. Merawat Ayam bangkok saat Hujan dengan beri vaksin yang tepat

Tidak cuma manusia, fauna ternak semacam ayam Bangkok juga membutuhkan vaksin demi menghalau bermacam berbagai penyakit paling utama dikala masa hujan. Jadwalkan program vaksinasi buat ayam kamu cocok dengan penyakit- penyakit yang lagi booming melanda fauna ternak dikala masa hujan semacam ini, misalnya ND, AI, Korisan serta IB.

11. Merawat Ayam bangkok saat Hujan Melakukan program Deworming

Tidak hanya pemberian vaksin, vit serta antibiotik buat penangkalan penyakit dari dalam, program deworming pula butuh dicoba. Pemberian obat cacing ini bisa dicoba dikala ayam kamu berumur 1 bulan ataupun dikala dipindahkan ke kandang baterai. Pengulangan pemberian obat juga didasarkan pada jenis kandang serta cacing yang berpotensi melanda ayam.

Baca juga : Jamu Khusus Ayam Bangkok