Penyakit Ngorok Ayam Aduan

Diposting pada

Penyakit Ngorok Ayam AduanPenyakit Ngorok Ayam Aduan

Penyakit Ngorok Ayam Aduan merupakan penyakit yang bisa di tanggulangi dengan mudah apabila kalian mengerti gejala – gejalanya.

Dahulu pengadu ayam selalu di repotkan dengan penyakit yang dapat terjadi pada ayam. Dimana penyakit tersebut adalah penyakit snot, atau yang sering di sebut dengan ngorok atau pilek.

Penyakit ngorok adalah salah satu penyakit yang sering di jangkit oleh ayam aduan dan mengganggu sistem pernafasan. Ngorok adalah penyakit pada ayam aduan yang di sebabkan oleh bakteri.

Selain itu bila di biarkan penyakit ngorok dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar. Dimana penyakit ini dapat menjangkit ayam aduan di berbagai umur. Selain itu untuk ayam aduan yang di ambil telurnya akan mengalami kemunduran dalam hal produksi dari 10 hingga 40%.

Dan untuk kalia ini kita akan membahas dengan lengkap beberapa hal penting yang perlu di ketahui tentang penyakit ngorok ini.

Penyebab penyakit ngorok pada ayam aduan

Penyebab utama dari penyakit ini adalah bakteri yang memiliki nama Haemophilus Paragallinarum. Dimana bentuk dari bakteri ngorok memiliki batang plumorfik, dan bersifat nono motil dan juga gram negatif.

Selain itu, bakteri ngorok dapat menimbulkan kematian apabila tidak di tanggulangi dengan segera. Selain itu, penyakit ini dapat menyebar dengan cepat melalui kontak langsung dan juga tidak langsung.

Penyebarananya dapat melalui tempat makanan dan minuman, atau alat lain yang terkontaminasi dengan bakteri ini. Selain itu, penyebarannya tidak hanya pada satu jenis unggas saja. Dimana hampir semua jenis ayam aduan dapat terkena penyakit ngorok.

Masa inkubasi dari bakteri ngorok tersebut dapat berlangsung dari 1 hingga 3 hari saja. Dimana jika dibiarkan preseentase kematian yang dapat terjadi adalah ±30%.

ayam aduan dengan umur 14 minggu hingga 23 minggu sangatlah rentan akan bakteri ngorok. Akan tetapi jika ayam aduan ini hanya memiliki penyakit ngorok, dia akan dapat sembuh dengan sendirinya hingga 21 hari setelah pengobatan.

Faktor Penyebab Penyakit Ngorok

Selain dari bakteri yang kita bahas tersebut, hal lain yang menyebabkan penyakit ngorok terjadi adalah berubahnya cuaca atau kondisi lingkungan yang drastis.

Contohnya seperti perpindahan musim, stress, kebersihan kandang, kurangnya nutrisi, pemberian vaksin yang tidak cocok, dan sebagainya.

Gejala Awal ayam aduan Yang Terinfeksi Bakteri Ngorok

Ciri bahwa ayam aduan terkena penyakit ini adalah hidung dari ayam aduan meneluarkan lendir yang pada awalnya terlihat encer, akan tetapi perlahan – lahan berubah warna menjadi kekuningan dan kental.

Pada bagian paruh dekat hidung terdapat kerak bekas lendir yang mengering. Setelah itu sinus pada ayam aduan menjadi bengkak, sehingga mata ayam aduan akan terlihat tertutup dan susah untuk terbuka.

Suara ngorok seperti pada manusia, hal tersebut di karenakan terhambatnya saluran udara yang di hirup atau di keluarkan oleh ayam aduan.

Pengobatan pada penyakit ngorok

Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang bisa di berikan kepada ayam aduan sebagai pengobatan herbal untuk ayam aduan. Dengan bahana – bahan alami seperti berikut ini.

Belimbing Wulung

Merupakan bahan yang sering di gunakan sebagai masakan. Dimana untuk ayam aduan bahan ini akan dapat mengatasi penyakit ngorok.

Karena bahan ini memiliki banyak vitamin C, B, Zat besi, serat, dan juga memiliki fungsi anti oksidan yang sangat baik untuk ayam aduan ngorok.

Cara Meracik
  1. Korok ayam aduan memakai air yang sudah di hangatkan.
  2. Gunakan 1 buah belimbing wuluh dan keluarkan sarinya dengan cara di peras.
  3. Suguhkan ramuan tersebut dengan ayam aduan yang ngorok
  4. Berikan ramuan ini setiap hari sekali, baiknya di berikan pada pagi hari atau sore hari.

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga berfungsi sebagai obat ngorok alami untuk ayam aduan aduan. Hal ini berfungsi karena ayam aduan memiliki berbagai zat aktif dengan fungsi anti bakteri dan anti inflamasi.

Dimana hal ini merupakan aat yang penting dalam membunuh bakteri ngorok pada sabung ayam aduan yang terletak di saluran pernafasan. Sedangkan zat anti inflamasi tersebut bisa di manfaatkan untuk mengencerkan lendir hingga hlang.

Cara Meracik
  1. Haluskan bawang putih agar mendapatkan sarinya dengan cara di parut.
  2. Ambil sedikit air hangat yang telah di rebus dan campurkan sari dari bawang puitih sebelumnya.
  3. Suguhkan ramuan tersebut dengan ayam aduan yang ngorok
  4. Berikan ramuan ini setiap hari sekali, baiknya di berikan pada pagi hari atau sore hari.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai minuman , makanan, serta obat – obatan untuk indonesia. Diamna bila di beirkan kepada ayam yang mendapatkan penyakit ngorok, dapat meredakan penyakitnya dengan baik.

Hal tersebut karena jeruk nipis memiliki kandungan yang berguna uintuk kesehatan ayam.

Cara Meracik
  1. Cuci terlebih dahulu jeruk nipis.
  2. Setelah itu, peras jeruk nipis hingga kalian mendapatkan airnya.
  3. Campurkan persasan jeruk nipis tersebut bersamaan dengan kecap manis.
  4. Suguhkan ramuan tersebut dengan ayam yang ngorok
  5. Berikan ramuan ini setiap hari sekali, baiknya di berikan pada pagi hari atau sore hari.

Daun Sirih

Sudah menjadi salah satu budaya Indonesia pemanfaatan daun sirih digunakan. Dimana daun sirih telah terbukti ampuh untuk mengobati ayam yang memiliki penyakit ngorok.

Hal tersebut terjadi karena daun sirih memiliki minyak atsiri, asam nikotinat, tiamin, dan sebagainya.

Cara Meracik
  1. Cuci bersih daun sirih yang ingin di gunakan.
  2. Ambil segelas air dan rebus daun sirih tersebut dan ambil airnya.
  3. Setelah itu, campurkan air rebusan daun sirih tersbeut dengan perasan jeruk nipis.
  4. Suguhkan ramuan tersebut dengan ayam yang ngorok
  5. Berikan ramuan ini setiap hari sekali, baiknya di berikan pada pagi hari atau sore hari.

Baca juga : Tips Membeli Ayam Adu